Apa itu VPN? Bagaimana Cara Kerja VPN? Panduan untuk Pemula Lengkap

Apa itu VPN? – Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan Anda menyambung ke jaringan publik dan bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara ini Anda mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti di LAN itu sendiri, meskipun jaringan publik benar-benar digunakan.Dari perspektif jaringan, salah satu masalah dengan jaringan Internet (IP Publik) adalah tidak memberikan dukungan yang baik untuk keamanan. Dari perspektif perusahaan, IP merupakan kebutuhan dasar untuk pertukaran data antar kantor cabang atau dengan rekanan perusahaan. VPN sepertinya memecahkan masalah ini. Jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk membuat koneksi ke cabang-cabangnya melalui pengalamatan pribadi dengan memastikan transmisi paket data.

VPN menawarkan tiga fungsi utama kepada penggunanya. Tiga fungsi utama tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rahasia (Kerahasiaan)
    Saat menggunakan jaringan publik yang rentan terhadap pencurian data, teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan mengenkripsi semua data yang dikirimkan melalui jaringan. Dengan teknologi enkripsi ini, kerahasiaan data dapat terjaga. Meskipun ada pihak yang dapat mencegat data yang sedang dikirim melalui internet dan bahkan jalur VPN itu sendiri, belum tentu data tersebut dapat dibaca karena datanya dienkripsi. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada yang dapat dengan mudah mengakses dan membaca konten jaringan data.
  • Integritas data (Integritas data)
    Faktanya, ketika data dikirim melalui Internet, data tersebut telah menyebar sangat jauh ke berbagai negara. Berbagai gangguan pada konten dapat terjadi selama perjalanan, baik itu hilang, rusak ataupun dirusak oleh orang yang tidak seharusnya. Dalam VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data dari saat data dikirim hingga data tiba di tempat tujuan.
  • Otentikasi Asal (Otentikasi sumber)
    Teknologi VPN menyediakan kemampuan untuk mengotentikasi sumber yang mengirim data yang diterima. VPN memeriksa semua data yang masuk dan menarik informasi dari sumber data. Alamat sumber data kemudian disetujui jika proses otentikasi berhasil. Jadi, VPN menjamin bahwa semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumbernya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak lain.

Manfaat VPN

  • Akses jarak jauh: Melalui VPN, kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja selama terkoneksi dengan internet atau jaringan publik.
  • Keamanan: Melalui koneksi VPN kita dapat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik, mis. Cari hotspot atau Internet di kafe, misalnya.
  • Menghemat biaya: VPN juga dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan area lokal yang besar dengan biaya lebih rendah. Karena transfer data yang digunakan pada VPN menggunakan media jaringan internet atau jaringan publik yang sudah ada sebelumnya tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Cara kerja VPN dan cara kerjanya

  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu VPN menangani otentikasi.
  • Klien VPN dapat membuat koneksi dan mengidentifikasi orang yang berwenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga dienkripsi, yang meningkatkan fungsi keamanan. Ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat di jaringan yang lebih besar.
  • Teknologi saat ini semakin didasarkan pada evolusi VPN karena mobilitas yang mereka tawarkan, dan saat ini jaringan pribadi virtual juga membuka jalan bagi koneksi Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.

Keuntungan VPN:

  • VPN adalah solusi hemat biaya untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
  • Tingkatkan mobilitas organisasi dengan menghubungkan langsung jaringan rumah atau pekerja lapangan di organisasi
  • Fungsi keamanan dapat disesuaikan.

Kekurangan VPN:

Saat memberikan akses global kepada karyawan, faktor keamanan merupakan risiko tersendiri. Selain itu, informasi rahasia perusahaan tersedia di seluruh dunia. VPN membutuhkan perhatian khusus untuk membangun sistem keamanan yang jelas. Kekurangannya, ada banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN yang menawarkan konektivitas jarak jauh, berbagi file, konferensi video, dan layanan terkait jaringan lainnya. Berbagai fungsi yang ditawarkan melalui layanan Internet dapat ditawarkan secara murah melalui jaringan virtual pribadi. Keuntungan utama dari VPN adalah dapat bekerja pada jaringan pribadi dan publik. Intinya, VPN adalah jaringan pribadi yang fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *