Begini Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Komputer 100% AMPUH

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Komputer | Video merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serta menata ulang gambar bergerak. Yang mana biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Istilah mudah nya.. Video adalah kumpulan dari beberapa gambar yang berurutan dan di gabungkan sehingga gambar tersebut bisa bergerak.
Ketika zaman semakin berkembang, Teknologi semakin maju, Begitu pula dengan video yang dari tahun ke tahun semakin pesat pula perkembangan nya. Kalian para pembaca tentunya bisa membedakan bagaimana kualitas video yang di hasilkan pada zaman dulu ketika bapak dan ibu kamu masih remaja, dengan zaman sekarang yang kualitas nya sudah jauh lebih baik. Bahkan kamera handphone zaman sekarang pun bisa merekam video dengan kualitas 4K di 60 Fps!. Kebayang gak tuh?Video yang dihasilkan oleh kamera handphone zaman sekarang meskipun bagus, tapi tentu ada kekurangan nya. Yaitu UKURAN Video nya yang sangat besar. Di Handphone saya saja, merekam video 1 menit bisa sampai 100mb. waaah besar ya? lalu bagaimana dengan video yang sampai 5 atau 10 menit? atau bahkan lebih? ukuran nya juga lebih tambah besar dong… Nah, untuk itu lah artikel ini dibuat. Tapi sebelum saya memulai step atau cara nya, kalian harus tahu terlebih dahulu apa saja format video yang ada

Format Video:

  • WMV = Windows Media Video diperkenalkan oleh Windows
  • MOV = Format video yang diperkenalkan oleh Apple
  • FLV = Flash Video (Format video yang ada di internet)
  • Mp4 = MPEG-4 (Format video yang diperkenalkan organisasi MPEG)
  • AVI = Audio Video Interleave (Format video generasi paling tua)
  • MKV = Matroska Video (Format yang diperkenalkan oleh Matroska)

CARA MENGECILKAN (Compress) VIDEO DI KOMPUTER 

  1. Download Software Handbrake di Website nya
    Website Handbrake

    Sebelum kalian memulai untuk mengecilkan ukuran video nya, kalian harus menginstall terlebih dahulu Software aplikasi nya.. Yaitu Handbrake. Kalian bisa mendownload Handbrake di website resmi nya. Tenang saja, aplikasi ini open source license kok, alias free. Jadi jangan khawatir apabila kalian sobat missqueen atau pelajar biasa yang uang jajan nya masih pas-pasan dan tidak bisa membeli lisensi sebuah aplikasi (bercanda hehehe…). Setelah kalian download aplikasi nya, kalian tinggal install aplikasi nya seperti biasa. Tinggal klik-klik next aja, saya yakin kalian pasti sudah bisa.

  2. Pastikan kalian memiliki video yang ingin di Compress

    Video saya

    Seperti yang tertulis di step, kalian harus memiliki video yang ingin di Compress, Alias video mentah, atau video yang ukuran nya masih besar. Untuk contoh, gambar diatas adalah video vlog saya yang berdurasi 10 menit lebih yang sudah di edit di Adobe Premiere Pro. Dan setelah di export, ternyata ukuran video nya 700mb. Saya merasa ukuran video tersebut terlalu besar apabila ingin saya upload ke Youtube atau Facebook. Maka dari itu, saya akan melakukan Compress Video.

  3. Buka Aplikasi Handbrake

    Handbrake

    Gambar diatas adalah tampilan pertama kali apabila kalian membuka Handbrake. (Lohh… abis itu saya disuruh ngapain nihh??). Tenang, akan saya jelaskan secara perlahan, pastkan kalian mengikuti step nya secara benar dan urut yaa. Jangan di lompat-lompat step nya.

  4. Masukkan video yang mau di Compress

    Handbrake – Import Video
    Cari video

    Klik File, lalu cari video yang mau kalian kecilkan ukuran nya. Nah, kelebihan dari Handbrake ini adalah bisa Compress video lebih dari 1. Caranya? Tinggal kalian klik saja bagian Folder, lalu cari folder video yang ingin kalian kecilkan. Jika kalian sudah menemukan video yang ingin kalian kecilkan, setelah itu klik saja open.

  5. Penjelasan Tampilan, Dan Tab Pada Handbrake

    Workspace Handbrake
    Ketika kalian selesai memasukkan video nya, maka tampilan workspace handbrake pun akan terbuka. dengan tab yang begitu banyak, tentu nya kalian butuh penjelasan kan? Tenang, saya akan bahas satu per satu dari setiap tab nya

    Penjelasan
    1. Source = Source adalah nama video dan durasi dari video kalian
    2. Preset = Istilah simple nya adalah settingan. Settingan yang sudah dibuat otomatis dari developer aplikasi nya
    3. Format = Berisi hasil format video yang akan dihasilkan setelah kalian selesai Compress
    4. Tracks = Berisi informasi mengenai encoder apa yang kalian pakai, dan juga fps video yang dihasilkan setelah proses Compress video.
    5. Size = Ukuran resolusi video setelah kalian compressNah, Sekarang saya akan menjelaskan apa saja yang ada di tab preset
    1. Preset Device

    Preset Device
    Preset digunakan untuk memudahkan kita sebagai pengguna untuk menentukan akan jadi seperti apa video kita nantinya setelah di Compress. Pada tab Preset Device, kita akan di sajikan settingan otomatis dari device yang sudah tersedia. Dari mulai Android, Apple, Windows mobile, hingga Xbox. Tentu saja resolusi yang digunakan pada preset ini sudah diatur sedemikan rupa sehingga “Fit” dan pas dengan device nya.2. Preset General

    Preset General
    Yang kedua ada Preset General, yaitu preset yang paling sering digunakan oleh banyak orang karena Preset inilah yang paling simple dan juga ukuran file yang di Compress dengan preset ini akan jauh lebih kecil. ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih di Preset General ini, Yaitu:
    * Fast, Very Fast, HQ, Dan Super HQ (ini adalah durasi Compress video kalian, semakin lambat maka hasil ukuran video yang di Compress akan semakin kecil)
    * 1080, 720, 480p (Ini adalah resolusi yang dihasilkan, semakin kecil resolusi dari video aslinya maka akan semakin pecah gambar nya)
    * 30, 25 (Ini adalah Frame Per Second/FPS yang dihasilkan video kalian setelah proses Compress selesai, Semakin kecil Frame Per Second nya maka semakin patah-patah video nya)3. Preset Legacy

    Preset Legacy
    Pada tab Preset Legacy ini sama saja seperti Preset Device, yang membedakan nya adalah preset ini bisa memuat file compress video ke Apple TV4. Preset Matroska

    Preset Matroska
    Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Matroska adalah pengembang dari Format video MKV (Matroska Video). Pada preset matroska ini, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui:
    * H.264, H.265, VP8, VP9 (Ini adalah macam-macam video encoder, tentunya masing-masing memiliki plus minus nya, saya sarankan agar kalian memakai H.264)
    * MKV (Ini adalah Format video setelah di Compress, jadi apabila format awal video kalian mp4, ketika memakai preset ini format video kalian akan menjadi MKV. dan tentunya lebih bagus)
    * 1080, 720, 480p (Ini adalah resolusi video, semakin kecil dari video awal maka akan semakin pecah gambarnya)
    * 60, 30, 25 (Ini adalah Frame Per Second/FPS yang dihasilkan video kalian setelah proses Compress selesai, Semakin kecil Frame Per Second nya maka semakin patah-patah video nya)5. Preset Production

    Preset Production
    Pada preset production ini, kalian di sajikan 4 macam pilihan preset. Saya rasa preset ini adalah Preset yang digunakan untuk Compress sebuah produksi besar seperti Film, ataupun film pendek.6. Preset Web

    Preset Web

    Nah, di Preset web ini kalian di perlihatkan bermacam platform. Seperti namanya, preset ini memang dibuat khusus untuk video-video yang ingin di upload ke platform tertentu semisal Gmail, Vimeo, atau Youtube. ada beberapa hal yang harus kalian tahu:
    * Gmail Large 3 Minutes 720p, Gmail Medium 5 Minutes 480p, Gmail Small 10 Minutes 280p
    (Preset untuk platform gmail. Minutes nya menandakan maksimal durasi video yang kalian compress, Large 720p menandakan resolusi nya. jadi apabila kalian ingin mengirim sebuah video ke gmail dengan durasi 5 menit, kalian hanya bisa memakai resolusi 480p)

  6. Mengatur resolusi video yang ingin di Compress

    Tab Dimension
    Pengubahan resolusi sangat berpengaruh besar dalam proses Compress video. Kalian bisa mengatur resolusi video kalian pada tab dimension.
    1. Size = Ukuran resolusi yang kalian inginkan setelah proses Compress
    Standard (640 x 480) = 480p
    HD (1280 x 720) = 720p
    Full HD (1920 x 1080) = 1080p
    4K UHD (3840 x 2160) = 4K2. Output = Kalian bisa melihat resolusi akhir video kalian setelah di Compress pada bagian ini
    3. Cropping = Pada bagian ini, kalian bisa memotong video kalian, tentunya bukan durasi nya, tetapi memotong layar nya. Jadi apabila ada bagian dari layar mengganggu video kalian, kalian bisa memotong nya pada bagian ini.

  7. Filter

    Tab Filter

    Pada tab filter kalian bisa menambahkan beberapa filter yang tersedia dalam Software ini seperti Detelecine, Deinterlace (Memperhemat bandwith untuk tarnsmisi video), Denoise (Memperhalus video agar tidak pecah), Sharpen (Mempertajam), Deblock (Meningkatkan kualitas video), Dan Rotate (Merotasi video). Kesalahan pemakaian fitur filter pada video kalian akan sangat berpengaruh pada hasil ukuran nya lohhh.. jadi kalian harus cermat dalam memilih filter.

  8. Memilih Encoder Video

    Tab Video
    Tab video ini adalah tab yang paling penting dalam proses Compress video. Karena burik atau tidaknya video kalian, akan di tentukan dalam proses ini
    1. Video = Kalian bisa mengatur Encoder video apa yang akan kalian pilih dan juga Berapa hasil fps yang kalian inginkan.
    2. Optimise Video = Kalian lihat penggaris encoder preset?? semakin ke kiri kalian setting, maka kualitas video kalian akan lebih baik atau ukuran nya jadi lebih kecil. Tapi akan memakan waktu proses Compress yang lebih lama.
    3. Quality = Kalian harus hati-hati saat menyetting disini, karena apabila kalian setting ke “0” maka video hasil Compress kalian bisa saja jadi lebih besar ukuran nya dari video asli nya. Dan apabila kalian setting terlalu kanan, maka video yang akan kalian peroleh akan lebih pecah. Meskipun ukuran nya akan jauh lebih kecil. Saya sarankan agar kalian setting 18-20 untuk kualitas video yang standar.Perbedaan Encoder

    Video Encoder
    * H.264 = Encoder video standar yang biasa dipakai oleh banyak orang. Encoder video ini dominan dan di terima untuk siaran terestial, kabel, dan IPTV. Encoder ini biasa digunakan oleh orang untuk live streaming* H.265 = Encoder video terbaru sebagai penerus MPEG-4. Encoder ini bisa membuat ukuran video kalian jauh lebih kecil dengan kualitas video yang tidak terlalu jauh dari video sebelumnya. akan tetapi encoder banyak orang bilang hasil dari encoder ini audio nya kresek-kresek (CMIIW)

    Frame Per Second (FPS)

    Video Framerate

    Frame Per Second atau yang biasa disingkat sebagai FPS adalah Jumlah Frame yang dihasilkan dalam 1 detik. Lebih besar FPS nya, maka Semakin lancar pula hasil dari video nya, begitu sebaliknya Apabila FPS nya lebih kecil, maka semakin patah-patah pula hasil video nya. Saya sarankan apabila kalian ingin Compress video pakailah FPS bawaan dari Video nya. Karena apabila kalian memakai fps yang lebih tinggi dari video asli, ukuran video Compress nya akan tidak maksimal. Bahkan bisa lebih besar dari video aslinya.

  9. Mengatur Encoding Audio, Subtitle, Dan Chapter

    Tab Audio

    Pada Tab ini kalian bisa mengatur encoder audio kalian dan mengatur bitrate nya. Bitrate adalah jumlah bit yang disampaikan atau di proses per satuan waktu. apabila bitrate nya lebih tinggi, maka ukuran nya juga akan jauh besar. Akan tetapi apabila bitrate nya rendah, maka kualitas nya juga akan jauh lebih buruk.

    Tab Subtitle
    Kalian pernah menonton Film bukan? Di handbrake juga kalian bisa menambahkan subtitle ke dalam video kalian. Dengan catatan, Subtitle nya berupa file berformat (.srt). Apabila kalian tidak memerlukan menambah Subtitle pada video kalian, maka kalian bisa skip step ini.

    Tab Chapters

    Tab ini beisi Informasi chapter video kalian. Apabila kalian hanya memasukkan 1 video, berarti hanya ada 1 chapter saja.

  10. Mulai Proses Compressing

    Settingan Saya
    Setelah saya menjelaskan dengan panjang diatas, Sekarang saatnya kalian Memulai proses Compressing nya. Gambar diatas adalah settingan saya ketika saya mau Mengecilkan ukuran video. Saya memakai very fast 1080p 30, Karena tidak ingin video nya terlalu kecil sehingga merusak kualitas video nya.

    Save As
    Ketika kalian sudah menyetting Video compress an kalian, kalian tinggal klik saja browse, menentukan video nya mau di letakkan dimana, lalu isikan nama video hasil dari Compress an kalian Seperti gambar dibawah.

    Save As Name
    Klik Save

    Start
    Jika sudah, lalu klik Start Encode

    Working
    Tunggu Sampai proses nya selesai ya teman-teman… Bisa sambil ngopi, nonton film, nonton anime, meng-khatam kan Al-Quran, Mengambil gelar s2, mencari kitab suci, mencari 7 bola Dragon ball, dan membantu Mitsuha buat ingetin nama cowok nya. Ya pokok nya tungguin lah sampai selesai hahaha….

    SELESAAIII
    Nah, Kalau sudah selesai, kalian bisa langsung melihat hasil dari compress an kalian di tempat yang tadi sudah kalian tentukan.

    Hasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *