Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Cair Lagi, Buruan Dicek Sekarang Begini Cara Daftarnya

Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Cair Lagi, Buruan Dicek Sekarang Begini Cara Daftarnya – Diketahui, Kemdikbud telah mengajukan proposal untuk memberikan dukungan kuota internet gratis kepada siswa, guru, dan fakultas selama 4 bulan mulai Maret hingga Juni 2021. Kepastian dukungan kuota internet gratis bagi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen selama 4 bulan sejak Maret hingga Juni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menggelar rapat kerja dengan Komisi X DPR pada 20 Januari 2021. Mei 2021, ”ujar Nadiem dalam rapat kerja.

Tahun lalu, mulai September hingga Desember, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan dukungan kuota internet gratis kepada siswa, siswa, guru, dan fakultas dengan total penerima manfaat 35.725 juta orang, Rp 2 triliun. Kuota internet gratis dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tidak akan dibayarkan pada Januari 2021. Tak heran, beberapa orang bertanya di media sosial Februari ini apakah pemerintah akan mengembalikan bantuan lagi.

Alasannya, Kementerian Dalam Negeri. Kuota internet gratis Pendidikan dan Kebudayaan cukup untuk meringankan keluarga yang ekonominya tertekan selama pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir setahun. Beralih ke penjabat kepala Pusat tersebut untuk Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbu d, Hasan Chabibie atas informasi rencana pelunasan kuota internet gratis tahun ini. “Rencananya dimulai sekitar Maret 2021,” kata Hasan kepada Ayojakarta, Selasa (9 Februari 2021).

Hasan mengatakan, pendistribusian bantuan teknis masih dalam pembahasan dengan pejabat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terutama terkait tingkat kuota internet gratis yang akan diberlakukan bulan depan. “Ada rencana untuk mengubah sistem pada 2021, tetapi saat ini sedang diselesaikan.” Berikut adalah syarat mendapatkan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilakukan akhir-akhir ini:

1. Pastikan nomor ponsel Anda aktif.

2. Kirimkan nomor ponsel aktif Anda ke sekolah / operator pendidikan masing-masing sekolah.

3. Setelah nomor ponsel calon penerima bantuan kuota terkumpul, sekolah melakukan registrasi data nomor ponsel tersebut ke aplikasi Dapodik.

4. Setelah memenuhi syarat yang ditentukan, mohon tunggu pengiriman bantuan kontingen internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ke nomor yang terdaftar.

Kuota internet gratis yang dibayarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 berbeda untuk setiap jenjang pendidikan sebagai berikut: 20 GB (15 GB untuk pembelajaran dan 5 GB untuk penggunaan umum untuk siswa dan guru PAUD) 35 GB (30 GB ) untuk pembelajaran dan 5 GB untuk penggunaan umum untuk guru SD, SMP, dan SMA) 50 GB (45 GB untuk pembelajaran dan 5 GB untuk penggunaan umum untuk siswa dan fakultas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *