Cek Syarat Daftar CPNS 2021 Terbaru, Resmi.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka, adapun persyaratan pendaftaran CPNS 2021 dapat ditemukan di portal resmi Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCASN) melalui tautan sscasn.bkn.go.id. Ada penjelasan siapa saja yang bisa mendaftar seleksi CPNS 2021. Dinyatakan bahwa yang dapat mendaftar CPNS 2021 adalah WNI (Warga Negara Indonesia) yang menginginkan dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan masing-masing instansi (formasi, jabatan, dll). selama batas usia yang disyaratkan telah tercapai.

Sejak pembuatan akun di sscasn.bkn.go.id Saat mendaftar, batasan usia pendaftar CPNS tahun 2021 adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Selain itu, usia maksimal 40 tahun berlaku bagi pelamar yang melamar jabatan sebagai dokter spesialis atau dokter gigi, serta dosen, peneliti, dan insinyur yang memiliki kualifikasi Strata 3 (doktor) sesuai dengan peraturan Menteri Tata Negara, Reformasi Perkantoran dan Reformasi Birokrasi nomor 23 tahun 2019.

Persyaratan berupa ketentuan kerangka kerja bagi pelamar yang dapat mendaftar Seleksi CPNS 2021:

  1. Tidak pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih.
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Polri.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta.
  4. Bukan penduduk sebagai CPNS, Perwira, Prajurit TNI, atau Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Jangan menjadi anggota / pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  6. Anda memiliki kualifikasi sekolah yang memenuhi persyaratan posisi tersebut.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan posisi yang diiklankan.
  8. Siap ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Beberapa dokumen yang harus disiapkan sebagai prasyarat Daftar CPNS 2021, seperti:

  • KTP
  • diploma
  • dan seterusnya

Laman sscasn.bkn.go.id juga menjelaskan apa yang terjadi jika KTP pemohon tidak dicetak oleh dinas kependudukan. Dalam hal ini, registrasi tetap bisa dilakukan. “Pelamar bisa mengunggah akta kependudukan pengganti KTP persyaratan pendaftaran CPNS 2021,” tulis SSCASN di situs resminya. Selain itu, apakah boleh menggunakan ijazah lulusan universitas untuk pendaftaran ijazah pelamar yang tidak dikeluarkan oleh universitas karena dia baru saja lulus?

“Silakan cek persyaratan pendaftaran pada instansi mana saja yang membuka pendaftaran SSCASN 2021,” demikian tanggapan sscasn.bkn.go.id. Sscasn.bkn.go.id juga mengacu pada dokumen pendidikan dan memberikan jawaban atas pertanyaan apakah akreditasi departemen dan akreditasi kampus yang digunakan dalam pendaftaran adalah status akreditasi pada saat kelulusan pelamar atau akreditasi saat ini. “Akreditasi jurusan dan kampus yang diakui adalah status akreditasi yang diberikan pada saat kelulusan sesuai dengan tanggal ijazah,” ujarnya. Sementara itu, calon pejabat yang mundur dalam masa percobaan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dikenakan sanksi berupa tidak dapat mengikuti pemilihan pejabat untuk masa jabatan berikutnya.

Terkait dengan penyelesaian pelatihan, sscasn.bkn.go.id meminta pelamar menggunakan ijazah untuk melamar sesuai dengan kualifikasi pelatihan dan pendidikan yang dipersyaratkan. “Setiap instansi memiliki persyaratan khusus. Untuk itu, pelamar harus membaca dan memahami dengan cermat dan seksama persyaratan pendaftaran masing-masing instansi sebelum memutuskan mendaftar atau memilih pendidikan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *