Hati-Hati! Kebiasaan Spele, 6 Kebiasaan Buruk ini Bikin Laptop Cepat Rusak

indolifenews.com – Peran laptop kini telah menjadi media untuk kegiatan bekerja dan belajar. Sebagian besar seperti kondisi pandemi saat ini yang hanya mengharuskan Anda melakukan aktivitas di rumah agar laptop menjadi hal utama. Oleh karena itu, Anda perlu merawat laptop dengan baik agar tidak mudah rusak. Tentu saja, jika laptop rusak pada saat Anda membutuhkannya, itu adalah masalah yang tentu tidak ingin Anda alami.

Selain itu, laptop cepat rusak, kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan buruk yang pada dasarnya biasa-biasa saja namun berdampak fatal pada usia laptop yang digunakan. Lalu kebiasaan buruk sepele apa saja yang bisa merusak laptop dengan cepat? Simak penjelasan di bawah ini untuk membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada laptop kesayangan Anda.

Terbiasa menggunakan laptop di permukaan yang tidak rata

Terbiasa Menggunakan Laptop di Atas Permukaan Tidak Rata

Siapa sangka kebiasaan Anda menggunakan laptop di pangkuan, kasur, dan permukaan lain yang tidak rata ternyata berpengaruh pada kesehatan laptop Anda. Hal ini dikarenakan laptop membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar dapat mengurangi panas pada perangkat saat digunakan. Jika Anda meletakkan laptop di permukaan atau bagian yang tidak rata, dan bahkan menutupi aliran udara di sekitar laptop, itu akan sedikit memanas. Laptop yang cepat panas tentunya akan mempengaruhi kinerja mesin yang ada di dalamnya. Jika hal ini sering terjadi, tidak menutup kemungkinan laptop bisa cepat rusak.

Laptop terjepit barang berat

Laptop Tertindih dan Terhimpit Barang Berat

Karena merupakan perangkat penting untuk digunakan di tempat kerja atau sekolah, laptop yang Anda miliki dengan meninggalkannya di mana-mana akan menyukai laptop yang Anda miliki. Apalagi tertimbun atau tertimpa benda berat. Misalnya, jika Anda mengeluarkannya dari rumah dan memasukkannya ke dalam saku Anda dengan buku-buku yang berat, jelas akan merusak bagian-bagian tertentu dari laptop.

Jarang dan tidak pernah membersihkan laptop

Jarang dan Tidak Pernah Membersihkan Laptop

Menjaga kebersihan laptop juga menjadi hal utama jika ingin laptop awet dalam waktu lama. Salah satu kotoran yang sering berakhir pada laptop adalah debu. Di sana debu ini masuk ke celah-celah kecil laptop, yang dapat mengganggu kinerjanya. Ini karena partikel halus dalam bentuk debut ini biasanya menutupi saluran aliran udara di bagian bawah dan samping laptop.

Jika ini dibiarkan untuk waktu yang lama, perangkat sering kali menjadi terlalu panas. Lalu berimbas pada laptop, yaitu cepat rusak.

Terbiasa Menggunakan Kecerahan Layar Laptop Secara Maksimal

Terbiasa Menggunakan Kecerahan Layar Laptop Secara Maksimal

Kecerahan layar laptop yang sering diubah menjadi maksimal atau volume keras sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan mata pengguna maupun laptop itu sendiri. Sedangkan untuk kondisi laptop itu sendiri biasanya mempengaruhi kondisi baterai. Laptop dengan kecerahan layar tinggi dan terus menyala akan menguras baterai lebih cepat dan merusak bagian lain.

Pertama sambungkan pengisi daya ke laptop, lalu sambungkan ke kontak listrik

Menancapkan Charger ke Laptop Terlebih Dahulu Lalu Menancapkan ke Kontak Listrik

Kebiasaan yang terkesan sepele ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan laptop. Hal ini dikarenakan terjadi lonjakan arus yang besar saat charger dicolokkan ke stop kontak listrik. Dimana arus yang mengalir cenderung tidak stabil, sehingga mempengaruhi keadaan motherboard laptop. Oleh karena itu, colokkan dulu adaptor kabel pengisi daya ke kontak listrik lalu colokkan ke laptop.

Sering mengangkat laptop dengan memegang layar atau engselnya

Sering Mengangkat Laptop dengan Cara Memegang Layar Maupun Engsel

Kebiasaan buruk sepele yang bisa merusak laptop dengan cepat, yang terakhir adalah untuk Anda yang suka memegang laptop di dekat layar atau di engselnya. Hal ini sering dilakukan dengan terburu-buru. Kalaupun sudah jelas, kebiasaan buruk ini perlu segera dihilangkan karena bisa berdampak pada engsel dan layar laptop yang rusak. Walaupun beberapa kebiasaan buruk ini mungkin terlihat biasa atau sepele, namun jika sering dilakukan, efeknya laptop akan cepat rusak. Jika ingin digunakan untuk kebutuhan mendesak, laptop malah tidak bisa digunakan. Jadi, jika Anda ingin laptop Anda tahan lama, hindari beberapa kebiasaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.