Keren ! Xiaomi Kenalkan Konsep Layar Quad-curved Waterfall Display

Xiaomi memperkenalkan konsep smartphone masa depan dengan menghadirkan inovasi berupa layar melengkung di keempat sisinya. Desainnya, yang dinamakan Four Curve Waterfall Display, memiliki kurva 88 derajat. Hal ini membuat seluruh bodi smartphone dikelilingi layar sentuh tanpa kehadiran port konektor dan absennya tombol fisik. Desain mewah ini menawarkan konsep unibody yang memberikan kesan futuristik.

Inovasi ini merupakan upaya Xiaomi untuk mendorong batasan desain smartphone klasik agar sesederhana mungkin, membuat fungsionalitas “layar penuh” menjadi kenyataan. Karena produksi display fleksibel kini sudah lumrah, tantangan di industri saat ini adalah menghasilkan layar yang melengkung di keempat sisinya dan proses integrasi dengan bodi smartphone.

Proses produksi untuk mendapatkan layar lengkung empat sisi dimulai dari pembentukan lapisan layar dengan tekanan dan suhu di bawah 800 ° C, pemolesan dengan peralatan yang dibuat khusus mengikuti 10 prosedur pemolesan yang kompleks. Bentuk layar menjadi faktor penting dalam menentukan tampilan smartphone di masa depan. Inilah sapaannya, inovasi layar lengkung empat sisi membuka kemungkinan baru dan kemajuan penting dalam menyambut generasi smartphone tanpa pintu.

Melalui 46 paten teknologi yang dikembangkan sendiri, tombol fisik dapat dilepas dan fungsinya direplikasi dengan cara lain yang lebih elegan. Sejumlah solusi lain juga telah diperkenalkan seperti generasi ketiga kamera bawah layar, pengisian nirkabel, chip eSIM, sensor sentuh, dan teknologi lain yang menghasilkan perangkat yang visioner dan intuitif. Namun hingga artikel ini ditulis, Xiaomi belum memberikan bocoran lebih lanjut terkait kapan konsep layar ini akan diterapkan pada smartphone-nya.

Dulu kita pernah melihat layar yang sepertinya melewati batas frame, yap edge ada pada seri Samsung Galaxy S. Namun layar Samsung ini tidak kurang menembus frame samping. Ada layar samping seperti pembungkus bingkai samping sebuah ponsel, disebut tampilan air terjun. Seperti namanya air terjun, layar ini menutupi bezel ponsel dengan sudut hampir 90 derajat. Jadi dari sisi ponsel layarnya masih terlihat.

Jenis layar ini (edge ​​dan waterfall) biasanya hanya ditemukan di sisi kanan dan kiri ponsel. Xiaomi baru saja memperkenalkan konsep dimana layar air terjun berada di keempat sisi, atas ke bawah dan kiri ke kanan. Namun ponsel ini harus mengorbankan komponen terpenting yaitu tombol dan power port. Untuk tombol seperti volume dan power akan diganti dengan tombol virtual di bagian samping layar.

Pengisi daya Xiaomi dapat menggunakan teknologi pengisian nirkabel terbaru mereka yang dapat diisi saat digunakan. Xiaomi juga telah memperkenalkan prototipe gila seperti Mi Mix Alpha. Saat ponsel ini dipasarkan, menjadi menarik bagaimana cara melakukan perbaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *