Inilah Aplikasi Alternatif Adobe XD – Figma

Inilah Aplikasi Alternatif Adobe XD, Figma – Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital. Figma dirancang untuk membantu pengguna berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam tim pada waktu yang sama di mana saja. Alat ini sangat mirip dengan opsi pembuatan prototipe lainnya seperti Sketch, Adobe XD, dan lainnya. Perbedaan utamanya adalah kemampuan bekerja dalam bentuk tim proyek.

Apa itu Figma?

Figma adalah alat desain yang biasanya digunakan untuk menampilkan aplikasi seluler, desktop, situs web, dan lainnya. Figma dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux atau Mac dengan menghubungkan ke internet. Secara umum, Figma banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di UI / UX, web design dan bidang sejenis lainnya.

Figma tidak hanya memiliki fungsionalitas penuh seperti Adobe XD, tetapi juga memiliki keuntungan bahwa lebih dari satu orang dapat melakukan pekerjaan yang sama bersama-sama di lokasi yang berbeda. Ini bisa disebut kerja kelompok dan karena kemampuan aplikasi figma, yang membuat aplikasi ini menjadi pilihan banyak desainer UI / UX, untuk membuat prototipe situs web atau aplikasi dengan cepat dan efektif.

Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja. Setiap orang dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Nama saja menunjukkan bahwa alat ini cukup kuat untuk menjalankan hampir semua proyek.

Fungsi Figma

Figma adalah paket gratis dan solid yang dapat dicoba oleh siapa pun yang bekerja di ruang digital. Ini termasuk kemampuan untuk membantu desainer dan pengguna dalam memasarkan produk atau desain mereka dengan mudah kepada pelanggan dan calon pemberi kerja. Secara umum, Figma paling dihargai dan digunakan oleh mereka yang bekerja dalam tim yang lebih kolaboratif dan aktif.

Menampilkan keunggulan banyak fitur, alat desain, dan prototipe proyek serupa tidak memiliki fitur dan kemampuan utama seperti Figma, menjadikan Figma pilihan nomor satu jika dibandingkan dengan yang lain. Fitur Figma terbukti menghemat waktu desainer dan memastikan proyek dan kerja tim berjalan lebih lancar.

Fungsi yang dipilih

Salah satu fitur yang paling disorot oleh Figma adalah kemudahannya untuk berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, seperti yang disebutkan di atas. Keuntungan terbesar dari aplikasi ini adalah para desainer dapat berkolaborasi secara langsung dalam waktu nyata. Dengan kata lain, desainer mana pun dapat langsung bekerja dan membuat perubahan pada desain yang mereka kerjakan bersama. Karena berbasis cloud, hasil pekerjaan disimpan langsung secara online. Berikut beberapa fitur unggulan Figma lainnya:

Desain sederhana

Fitur desain Figma memiliki banyak keunggulan karena sangat modern. Pengguna dapat menemukan alat pena modern yang memungkinkan mereka menggambar ke segala arah dengan Vector Networks.

Selain itu, kemudahan mengatur tata letak juga merupakan fitur hebat dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan plugin yang ingin mereka gunakan, misalnya untuk menyesuaikan foto dengan ikon.

Buat prototipe

Meskipun sekarang ada banyak kegunaan untuk membuat desain produk, Figma masih menjadi salah satu yang paling populer. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk membuat prototipe yang sangat canggih.

Figma memudahkan desainer untuk membuat draf, membuat prototipe, berbagi, dan mendapatkan umpan balik. Jadi tidak perlu terus berganti alat saat membuat desain.

Perubahan desain segera ditampilkan dalam prototipe yang dibuat. Hasilnya kemudian dapat langsung dibagikan dengan anggota tim lainnya. Orang lain juga dapat memberikan umpan balik dengan menambahkan komentar ke prototipe.

Sistem desain

Hal hebat berikutnya tentang Figma adalah betapa mudahnya mengelola sistem desainnya. Ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengakses semua aset yang sudah mereka miliki.

Selain itu, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola siapa yang dapat melihat, mengedit, dan berkontribusi pada Asset Storage Library. Menariknya, setiap pembaruan yang dibuat oleh anggota tim juga diposting untuk memudahkan tindak lanjut.

Paket dan Harga Pengguna Figma

Figma menawarkan paket gratis dan berbayar, tergantung pada ukuran atau cakupan pekerjaan Anda, serta fitur kolaborasi premium. Informasi lengkap harga Figma dapat ditemukan di bawah ini:

Starter

Paket untuk pemula ini ternyata gratis alias gratis. Pengguna yang memilih paket ini mendapatkan dua editor dan tiga proyek dengan riwayat versi 30 hari dan penyimpanan cloud tak terbatas.

Profesional

Paket ini ditujukan untuk para profesional dengan biaya $ 15 per bulan. Pengguna paket Profesional ini memiliki banyak manfaat, termasuk proyek tak terbatas, versi tak terbatas, file kustom dan izin pengguna, proyek khusus undangan pribadi, dan perpustakaan tim yang dapat dibagikan.

organisasi

Dengan membayar $ 45 atau sekitar Rp 658.000 per bulan, pengguna yang memilih paket ini akan mendapatkan fitur terlengkap. Sebagai paket utama dari semuanya, pengguna paket ini berhak atas banyak fasilitas, termasuk semua yang ada dalam sistem desain profesional serta seluruh organisasi, tim pusat, plugin pribadi, manajemen plugin, font bersama, sistem masuk tunggal, dan lanjutan. layanan keamanan. Selain tiga jenis paket yang disebutkan di atas, Figma menawarkan diskon kepada pengguna mahasiswanya untuk pembayaran tahunan dan bulanan, rabat, dan keuntungan individu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *