Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi – Dengan perkembangan teknologi, kehidupan sehari-hari juga semakin terpengaruh. Banyak pekerjaan menjadi mudah, tetapi jika tidak digunakan dengan benar, teknologi sebenarnya bisa merugikan. Selain itu, muncul pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dari penipuan teknologi informasi. Teknologi selalu tumpang tindih di hampir semua bidang kehidupan. Tentunya ada fitur dan manfaat yang bisa dirasakan semua orang.

Teknologi informasi sendiri terus berkembang. Tidak mengherankan, perkembangan teknologi telah menggantikan banyak peran manusia dengan robot yang canggih. Namun peran ini justru semakin maksimal saat orang mengisinya. Untuk memahami apa itu teknologi dan informasi, ada beberapa ahli yang berpendapat.

Memahami teknologi informasi menurut para ahli

Menurut Mc. Keown (2001)

Seorang ahli bernama Mc. Keown berpendapat bahwa teknologi informasi ini mengacu pada berbagai jenis teknologi yang dapat digunakan atau dibuat, memodifikasi, dan menyimpan informasi dalam bentuk apapun yang dapat dilakukannya. Pemahaman ini diterima oleh masyarakat.

Diadaptasi dari Brown, DeHayes, Hoffer and Perkins (2005)

Ini berbeda dengan makna yang diberikan oleh Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins. Mereka menyatakan bahwa teknologi dan informasi adalah kombinasi dari komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat memproses atau menyimpan teknologi komunikasi informasi dalam pendistribusian informasi.

Menurut Kamus Oxford (1995)

Sedangkan menurut kamus Oxford pengertian teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari atau suatu alat elektronik khususnya komputer yang digunakan untuk menyimpan, mendistribusikan dan menganalisa informasi, baik berupa kata, angka maupun gambar. Definisi ini ada dalam Kamus Oxford 1995.

Menurut para ahli, teknologi informasi memiliki arti yang berbeda-beda, yaitu berbagai bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan informasi melalui media elektronik.

Fungsi teknologi informasi

Ada banyak fungsi teknologi informasi seperti capture atau capture. Akuisisi di sini berarti melakukan atau melakukan akuisisi dengan data dan informasi. Yang kedua adalah menyimpan atau menyimpan. Fungsinya untuk menyimpan data atau informasi dalam bentuk media untuk keperluan lain. Misalnya pada zaman dahulu, menyimpan informasi pada floppy disk. Namun, seiring waktu, memori menjadi lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan smartphone atau flashdisk.

Fungsi ketiga adalah pemrosesan atau pemrosesan. Fungsi ini digunakan untuk mengolah data yang diterima sedemikian rupa sehingga dapat menjadi informasi. Pemrosesan data dapat melibatkan perubahan data ke dalam bentuk lain. Memproses dan menganalisis kondisi, menghitung dan menggabungkan semua informasi dalam bentuk data. Berikutnya adalah fungsi transfer atau transfer. Fungsi ini berarti mengirimkan data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui jaringan komputer.

Fungsi retrifal berarti menemukan jalan kembali. Artinya, teknologi informasi digunakan untuk mencari, mengambil, dan menyalin data atau informasi yang disimpan. Fungsi terakhir dibuat. Teknologi informasi digunakan untuk mengatur data dan informasi dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

Keunggulan teknologi informasi

Teknologi informasi memiliki banyak keunggulan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bila digunakan sebagai penunjang pendidikan, pekerjaan, atau aktivitas lainnya. Berikut beberapa manfaatnya, seperti dalam hiburan dan periklanan. Teknologi di bidang ini digunakan untuk membuat animasi, periklanan, dan desain grafis agar lebih menarik.

Sementara itu, keunggulan sektor kriminal dapat memudahkan pejabat dalam menyelesaikan masalah dan dengan mudah menemukan pelanggaran yang ada. Berbeda bila digunakan dalam pemerintahan. Teknologi ini dapat digunakan dalam mengolah data dan informasi untuk masyarakat. Oleh karena itu, keunggulan ini juga dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan penduduk. Keberadaan teknologi informasi ini menawarkan banyak keuntungan. Terutama di bidang-bidang penting seperti pemerintahan, hiburan, dan pertanian. Seiring perkembangan teknologi yang ada, penggunaan ini berdampak besar pada banyak sektor pendukung dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *